sumber : www.maxmanroe.com
Pemasaran dalam berwirausaha menjadi faktor penting
dalam menjalani sebuah bisnis. Pemasaran akan membantu Anda dalam mencapai
kunci kesuksesan dan keberhasilan dari bisnis yang dijalankan. Pemasaran
sendiri mengandung arti aktivitas, serangkaian institusi, dan proses
menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang
bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.
Maka
berikut ini adalah aspek-aspek pemasaran yang perlu diketahui dan diperhatikan
untuk membangun sebuah usaha.
1. Segmentasi Pasar
Secara umumnya, demografi, tingkat penghasilan,
psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan
diadakannya segmentasi pasar ini maka para wirausahawan akan lebih mudah dalam
menjual barang/jasa yang mereka tawarkan.
2. Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar dibutuhkan untuk mengatur dan
merencanakan sebuah strategi yang pas dan sesuai dengan kondisi pasar. Ramalan
penjualan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk
mengembangkan produk, merencanakan sebuah promosi serta pengalokasian
SDM/tenaga kerja.
3. Analisa Pesaing
Pesaing disini diartikan sebagai perusahaan yang
juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan yang
Anda jalani. Fungsi dari analisa pesaing ini yaitu mengidentifikasi kesempatan,
ancaman dan persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan
yang potensial.
4. Promosi
Promosi sendiri memiliki arti upaya untuk
memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik
calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dan tujuan utama dari
promosi adalah memberitahukan konsumen tentang penawaran produk, manfaat dari
produk yang ditawarkan, membujuk mereka untuk melakukan pembelian dan
mempertahankan merek produk di mata konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar