Kamis, 18 Juni 2020

My Business

https://techcrunch.com/wp-content/uploads/2020/02/fujifilm-x100v.jpg 
sumber: https://techcrunch.com/wp-content/uploads/2020/02/fujifilm-x100v.jpg

Kali ini saya ingin membagikan tentang bisnis yang ingin saya jalankan secara singkat dan menggunakan model bisnis (BMC) 9 blocks. Bisnis yang ingin saya jalankan adalah digital camera. Bisnis ini saya dapatkan dari hobi yang saya punya yaitu photography dan videography. Deskripsi produk yang ingin saya pasarkan adalah peralatan-peralatan, aksesoris, dan juga camera-camera digital pastinya. Bisnis ini dipasarkan bukan saja kepada photographer ataupun videographer saja, tapi target pasarnya luas kepada siapapun yang membutuhkan alat-alat digital untuk mendukung produksi photo ataupun video.
            The 9 Building Blocks untuk bisnis yang ingin saya jalani.
  1.      Customer Segments
Pelanggan pertama yang berpotensial menjadi target bisnis pastinya adalah photographer dan videographer.
  2.      Value Proposition
Untuk menjabarkan kekuatan dan keunggulan yang membedakan bisnis ini dengan bisnis yang lain adalah dengan memberikan freeclass untuk belajar lebih dalam mengenai photography dan videography bagi pelanggan selama 1 bulan.
  3.      Channels
Platform yang saya gunakan untuk mempromosikan bisnis ini pastinya adalah online advertisement, aplikasi, dan juga website.
  4.      Customer Relationship
Menurut saya, dengan adanya freeclass setelah membeli product dari bisnis saya, membuat customer merasa senang dan pastinya dapat membuat mereka menjadi pelanggan setia.
  5.      Revenue Streams
Bagian ini adalah pendataan seperti pemanfaatan biaya iklan, langganan, penjualan retail, lisensi, dan sebagainya.
  6.      Key Resource
Yang dibutuhkan pastinya jasa untuk mengelolah bisnis ini, dari manager, karyawan, dan sebagainya.
  7.      Key Activities
Hal penting dari bagian ini adalah branding yang harus dilaksanakan sehingga product yang dipasarkan dapat dilihat orang-orang.
  8.      Key Partnership
Bisnis seperti ini membutuhkan hubungan langsung dengan yang memproduksi product-product yang dipasarkan, sehingga dapat bekerjasama dan pastinya mendapatkan kepercayaan lebih dari para pelanggan.
  9.      Cost Structure
Pastinya memikirkan bagaimana pengelolaan modal untuk meraih laba dengan juga menentukan pendapatan bagi karyawan yang bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

METANOIA : A CHANGE OF MIND

Melalui platform zoom, Kevin Ivander membantu kita dalam menjelaskan arti dari Metanoia tersebut. (berikut hanya sebagian peserta) ...